Rabu, 19 November 2008

presentase material dielktrik

. Rabu, 19 November 2008

KATA-KATA KUNCI / ISTILAH
Persamaan Clausius-Mosotti yaitu persamaan yang menghubungkan antara besaran mikroskopik dielektrik yaitu konstanta dielektrik dengan besaran mikroskopik polarisabilitas.
Permitivitas relatif kompleks (Ԑr’ + JԐr”) yaitu permitivitas relatif material yang mempunyai komponen real yang menentukan tingkat penyimpanan energi dan komponen imajiner yang menentukan losis energi pada saat dielektrik diberi medan AC
Temperatur Curie (Tc) yaitu tempratur dimana bila dielektrik berada pada temperatur di atas temperatur ini maka sifat ferroelektrik akan hilang.
Persamaan Debye yaitu persamaan yang menjelaskan response permitivitas kompleks terhadap frekuensi.
Rugi-rugi dielektrik (dielectric losses) yaitu energi yang hilang akibat proses polarisasi pada saat dielektrik diberikan medan AC .
Kekuatan dielektrik (dielectric strength) yaitu kekuatan dielektrik untuk menahan medan listrik (E). Bila medan yang diberikan melebihi kekuatan dielektrik maka akan terjadi tembus (break down) yang disertai dengan arus yang besar.
Polarisasi yaitu peristiwa pengutupan atau pergeseran pusat muatan positif dan negatif.

Polarisasi dipolar yaitu polarisasi pada material yang mempunyai momen dipol pada saat di berikan medan listrik.
Polarisasi ionik yaitu polarisasi akibat pergeseran pusat muatan dari ion-ion positif dan negatif ketika diberikan medan listrik.
Polarisasi elektronik yaitu polarisasi akibat pergeseran pusat awan elektron terhadap inti atom pada saat diberikan medan listrik.
Polarisasi interfacial yaitu polarisasi yang timbul pada material dielektrik yang tidak homogen (terjadi pada saat interface dua material yang berbeda).
Ferroelektrik yaitu terjadinya polarisasi spontan pada kristal-kristal dielektrik tertentu. Misalnya pada BaTiO3.
Piezoelektrik yaitu sifat material dimana perubahan bentuk material akan menyebabkan polarisasi atau sebaliknya perubahan tingkat polarisasi menyebabkan perubahan bentuk.
Faktor rugi-rugi (tan D) yaitu rasio dari komponen imajiner dengan komponen real dari permitivitas kompleks dielektrik.

Fungsi Material Dielektrik yaitu :
1. Sebagai Dielektrik yaitu Menyimpan muatan atau energi elektrostatis. Dalam kaitan ini perlu diperhatikan konstanta material dielektrik berkaitan dengan interaksinya dengan medan listrik yaitu permitivitas dan suceptibilitas untuk skala makro dan polarisasi untuk skala mikro.
2. Sebagai Isolasi medan tegangan tinggi yaitu isolasi untuk menahan medan listrik. Dalam kaitan ini yang perlu diperhatikan adalah kekuatan isolasi/dielektrik dan rugi-rugi dielektrik.

POLARISASI (P) DAN KONSTANTA DIEKTRIK
Polarisasi yaitu peristiwa pengutupan atau pergeseran pusat muatan positif dan negatif.
Bila suatu material ditempatkan pada medan listrik maka terjadi momen dipol di dalam material.
Dipol-dipol dari material dielektrik akan terpolarisasi pada kedua sisi muatan yang berbeda.



0 komentar:

nonton yuk

 

Mengenai Saya

Foto saya
MIMPI HARI INI ADALAH KENYATAAN ESOK HARI (IMAM SYAHID HASAN AL BANNA)
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com